Back to Top

Hi, Guest!
  • BATTERY AGM DAN GEL

BATTERY AGM DAN GEL

Update Terakhir
:
19 / 12 / 2019
Min. Pembelian
:
0
Dilihat Sebanyak
:
615 kali
Harga
CALL
Bagikan
:

Perhatian !

Perusahaan ini terdaftar sebagai Free Member. Hindari melakukan pembayaran sebelum bertemu penjual atau melihat barang secara langsung. COD (Cash On Delivery) atau bertemu langsung dengan penjual merupakan metode transaksi aman yang kami sarankan.

Detail BATTERY AGM DAN GEL

Introduction Berdasarkan jenisnya Battery digolongkan menjadi 2 macam yaitu : 1. VRLA ( Valve Regulated Lead Acid) / SLA ( Sealed Lead Acid) atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Aki/ Battery Kering adalah battery tertutup ( sealed) . Karena sifatnya tertutup maka uap yang keluar dari battery sangat sedikit ( terjadi rekombinasi) sehingga tidak perlu menambah cairan/ electrolyte selama masa pemakaian battery tersebut. Istilah valve ( katup) mengacu pada katup yang ada di VRLA Battery sebagai sarana keluarnya uap untuk mencegah tekanan dalam battery terlalu besar yang dapat menyebabkan battery menggelembung. 1. VLA ( Vented Lead Acid) atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Aki/ Battery Basah adalah battery yang mengandung cairan/ electrolyte dan memerlukan pengisian electrolyte selama masa pemakaian battery tersebut. Penggolongan VRLA Battery berdasarkan teknologinya dibagi menjadi : 1. Teknologi AGM ( Absorptive Glass Mate) : Cairan/ electrolyte terserap oleh separator yang berupa lembaran serat kaca ( fiber glass) . 2. Teknologi Gel : Cairan/ electrolyte lebih solid dalam bentuk gel dan lebih bersifat kaku ( fixed) . Perbandingan Battery menggunakan teknologi AGM dan teknologi Gel. Discharge Current pada waktu awal lebih besar daripada Gel Battery untuk kapasitas yang sama Untuk penggunaan Cyclic performancenya lebih unggul daripada AGM Compact battery size Pada DOD tertentu jumlah Cycle Gel > daripada AGM Harga lebih ekonomis Cocok pada lingkungan dengan kondisi listrik yang sering padam Mempunyai daya tahan lebih baik terhadap suhu yang lebih tinggi daripada AGM Keterangan : * Pada DOD 20% Battery dengan Gel Technology mempunyai Cycle Life 2000 Cycles. * Pada DOD 20% Battery dengan AGM Technology mempunyai Cycle Life 1200 Cycles. Penggolongan VRLA Battery berdasarkan penggunaannya dibagi menjadi 2 yaitu : Standby Use : Berfungsi untuk penggunaan standby. Battery bekerja mengeluarkan arus pada waktu listrik tidak menyala. Contoh : untuk backup computer, UPS System, lampu emergency, dll. Cyclic Use : Battery bekerja mengeluarkan arus terus menerus, kemudian di charge lagi, dipakai lagi ( discharge) , dst. Satu kali charge ý discharge disebut satu siklus. Contoh : Battery Handphone, battery forklift, battery mainan anak-anak, dll. VARIABEL YANG PERLU DIKETAHUI PADA BATTERY Ada 2 ( dua) variable penting, yaitu : Voltage dan Kapasitas Yang dimaksud dengan Voltage ( tegangan) adalah perbedaan tegangan antara kutub positif dan kutub negatif. Perbedaan tegangan ini yang menyebabkan arus dapat mengalir. Yang dimaksud dengan Kapasitas adalah Isi battery. Pengertian ini mempunyai dua unsur yang sangat penting dan saling berkaitan satu sama lainnya, yaitu : Waktu dan Kuat Arus. Kapasitas mempunyai satuan AH ( Ampere Hour) . Ampere merupakan satuan kuat arus dan hour merupakan satuan waktu. Kapasitas Battery yang diukur dalam waktu berbeda hasilnya pasti berbeda. Kapasitas akan menjadi lebih besar jika pengukuran dilakukan dalam waktu yang lama. Besaran kapasitas tidak linier terhadap waktu Untuk membandingkan kapasitas battery suatu merk tertentu dengan merk lainnya, agar perbandingannya setara, pengukuran kapasitas dan tegangan end voltagenya harus sama. Contoh: Kapasitas battery ' A' sebesar 100 AH pada C20 end voltage 1.6 VPC. Kapasitas battery ' B' sebesar 93 AH pada C10 end voltage 1.75 VPC. Dari data kapasitas tersebut, tidak dapat disimpulkan secara langsung bahwa kapasitas battery ' A' lebih besar daripada kapasitas battery ' B' . Artinya jika kedua battery tersebut dibebani dengan beban yang sama dan dalam waktu yang sama, ada kemungkinan justru battery ' B' yang akan memberikan back-up lebih lama atau berarti kapasitas battery ' B' lebih besar dari battery ' A' . Untuk lebih memastikan kapasitas mana yang lebih besar, dapat dilihat pada table kapasitas battery ' A' untuk pengukuran 10 jam ( C10) dengan end voltage 1.75 VPC. Jika angkanya lebih kecil dari 93, berarti kapasitas battery ' B' lebih besar dari pada kapasitas battery ' A' . Jakarta, KompasOtomotif – Menurut Agustono Santoso, Area Manager Yuasa Battery Indonesia, ada pemahaman berbeda dari penyebutan aki kering di masyarakat. Ia menjelaskan, pada dasarnya semua jenis aki ( kering dan basah) tetap menggunakan cairan elektroda ( biasa disebut air aki) , namun pada model kering lebih padat berbentuk gel. “ Pada aki kering tetap ada air aki, tapi diisi langsung dari pabrik. Bedanya, kebanyakan separator aki kering bentuknya seperti kapas, sederhananya seperti popok. Jadi walaupun terguncang, terbalik atas-bawah, tidak akan tumpah seperti aki basah, ” jelas Agus kepada KompasOtomotif, di Jakarta, Selasa ( 6/ 5/ 2014) . Tropis Baterai alias aki merupakan bagian terpenting dari sistem kelistrikan, seluruh perangkat elektronik kendaraan memanfaatkan aki sebagai sumber tenaga listrik, fungsinya menyimpan sekaligus mengalirkan energi listrik. Aki kering merupakan pengembangan dari aki basah, kelebihannya minim perawatan, namun konsekuensi lebih mahal. Untuk iklim tropis dengan temperatur udara cenderung panas seperti Indonesia, ditambah kondisi bersuhu tinggi di ruang mesin, membuat air aki lebih cepat menguap seiring pemakaian. Pada aki kering, cairan tetap menguap, namun sirkulasinya tidak banyak bocor ke luar. Di lain sisi, penguapan pada aki basah bisa diantisipasi dengan mengisi air aki yang hilang. “ Penguapan di aki kering tetap terjadi namun minim, akan habis dalam waktu setahun sampai satu setengah tahun. Maka dari itu kami menyebutnya maintenance free, ” ujar Agus. Upper dan lower Biasanya pada aki basah, kondisi air aki bisa diukur dari batas upper level dan lower level. Pada aki kering parameter seperti itu tidak lagi dibutuhkan. Lubang-lubang tempat pengisian ulang air aki pun kini sudah tidak ada. Kelebihan aki kering, sekali pakai dibiarkan saja sampai rusak, lalu diganti. “ Pada dasarnya lebih awet aki basah, lebih menyesuaikan dengan kondisi Indonesia karena penguapan pada aki juga dibutuhkan. Aki kering dibuat untuk menyederhanakan perawatan, ” Hotline Pembelian : Telp/ MMS/ WA : 0821-2500-4498 Directy Fix Line : + 62 21-746 37 589 Email : pabrikaki@ yahoo.co.id PIN BB : 2BE54D65
Tampilkan Lebih Banyak